Menteri Luar Negeri Turki dan Ketua Hamas membahas krisis kemanusiaan di Gaza dan perundingan gencatan senjata


[WARTANUSANTARA.ID] 
Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan mengadakan panggilan telepon pada hari Selasa dengan kepala biro politik Hamas Ismail Haniyeh tentang krisis kemanusiaan yang sedang berlangsung di Jalur Gaza dan negosiasi gencatan senjata terbaru, menurut sumber diplomatik.

Dalam perbincangan tersebut, Fidan membahas situasi kemanusiaan yang sangat buruk di Gaza dan perkembangan yang diakibatkan oleh meningkatnya kelaparan dan penyakit di Gaza utara.

Selain itu, Fidan dan Haniyeh membahas perkembangan terkini dalam negosiasi gencatan senjata dengan Israel.

Mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera, Israel telah menghadapi kecaman internasional di tengah serangan brutal yang terus berlanjut di Gaza sejak serangan Hamas pada 7 Oktober 2023.

Lebih dari 38.700 warga Palestina telah terbunuh, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan lebih dari 89.000 orang terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Lebih dari sembilan bulan setelah serangan Israel, sebagian besar wilayah Gaza menjadi reruntuhan di tengah blokade makanan, air bersih, dan obat-obatan yang melumpuhkan.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional, yang keputusan terbarunya memerintahkan Israel untuk segera menghentikan operasi militernya di kota selatan Rafah, tempat lebih dari 1 juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum negara itu diinvasi pada 6 Mei.

0/Post a Comment/Comments