Rekening Dormant : Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengaktifkan Kembali


Ditulis oleh Lalu Wahyu Nova Saputra
Mahasiswa STEI SEBI Depok

[WARTANUSANTARA.ID] Secara sederhana, rekening dormant adalah rekening tidak aktif atau pasif dalam kurun waktu tertentu. Rekeningnya ada begitupun data-datanya. Hanya saja tidak pernah digunakan untuk transaksi apapun dari pihak nasabah. Lalu, jika hal ini berlangsung lama, bukan tidak mungkin rekening kamu akan dihapus.

Dampak dari rekening dormant ini adalah transaksi kamu kamu akan dibatasi. Namun, setiap bank juga punya kebijakan yang berbeda soal aturan rekening dormant.

Ada yang memberlakukannya saat nasabah tak melakukan transaksi selama 6 bulan hingga 1 tahun. Selain itu, meskipun tak aktif, bank juga akan membebankan biaya admin atau penalti rekening dormant. Jumlahnya tentunya akan berbeda-beda tiap bank.

• Penyebab Rekening Dormant

Ada orang yang memang sengaja tak melakukan transaksi di rekening tersebut. Namun, ada juga penyebab tak disengaja lainnya seperti salah transaksi yang menyebabkan rekening harus diblokir sementara.

Lalu, jika ditemukan indikasi transaksi mencurigakan yang tidak biasa kamu lakukan, bisa jadi rekening kamu akan dinonaktifkan. Penyebab lainnya adalah ketika nasabah meninggal dunia. Otomatis tidak ada transaksi di rekening tersebut.

• Cara Mengaktifkan Kembali Rekening Dormant

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bank punya kebijakan yang berbeda soal rekening dormant. Termasuk bagaimana cara mengaktifkannya kembali.

Cara paling sederhana yang bisa dilakukan adalah melakukan transaksi lagi lewat teller. Namun, ada juga bank yang mengharuskan kamu mendatangi customer service di kantor cabang dengan membawa berkas tertentu untuk melakukan rekening dormant.

Nah, untuk info lebih lanjut mengenai cara aktivasi kembali, silahkan hubungi bank tempat pembukaan rekening, ya.

Namun, lebih baik mencegah daripada mengobati, kan? Jangan sampai rekening kamu non aktif. Terus lakukan transaksi supaya tidak jadi rekening dormant.

0/Post a Comment/Comments