Prestasi-Prestasi Khalifah Utsman bin Affan RA



[wartanusantara.id]
Utsman bin Affan RA merupakan salah satu di antara 10 orang sahabat Nabi yang dijamin masuk Surga. Ia generasi awal yang masuk Islam, dan ia pun bergelar Dzu An-Nurain (pemilik dua cahaya karena ia menikahi 2 putri Rosulullah SAW.

Utsman bin Affan menikahi Ruqayyah, kemudian menikahi Ummu Kultsum setelah Ruqayyah meninggal dunia. Ketika Ummu Kultsum meninggal, Rosulullah SAW mengatakan kepadanya, "Seandainya kami memiliki tiga, niscaya kami akan menikahkan dia kepada Anda."


Utsman bin Affan menjabat sebagai khalifah tahun 24 H dan saat itu ia berusia 70 tahun. Adapun prestasi-prestasinya khalifah Utsman bin Affan sebagai berikut :

1. Menyempurnakan pengumpulan al-Qur'an
Khalifah Utsman bin Affan menghimpun umat untuk menggunakan mushaf yang telah dikumpulkan oleh Abu Bakar. Ia menyuruh untuk menyalin naskah-naskah al-Qur'an dari mushaf tersebut, lalu membagikannya ke berbagai daerah dan membakar mushaf-mushaf selainnya.

2. Bertambahnya luas kekuasaan kekhilafahan Islam
Kekuasaan khilafah Islam semakin meluas pada zaman khalifah Utsman bin Affan. Termasuk wilayah Afrika, Cyprus, Tabaristan, Khurasan, Armenia, Qauqaz, Kirman, dan Sajastan.

3. Khalifah Utsman bin Affan memperluas bangunan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

4. Khalifah Utsman membangun armada angkatan laut pasukan Islam

5. Membentuk kepolisian negara.

6. Mendirikan gedung peradilan. Pada masa pemerintahan khalifah Abu Bakar dan Umar bin Khatab, sidang peradilan masih diselenggarakan di masjid.

Khalifah Utsman bin Affan meninggal dunia pada tahun 35 H dalam usia 82 tahun. Ia memangku jabatan khalifah selama 12 tahun.


Sumber : buku Tokoh-Tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah karya Syaikh Muhammad Sa'id Mursi.

0/Post a Comment/Comments