[wartanusantara.id] Pesan bisnis adalah suatu pesan atau surat yang digunakan untuk menyampaikan informasi mengenai penyelenggaraan kegiatan bisnis, baik secara tertulis maupun tidak tertulis.
Agar pesan bisnis itu tersampaikan dengan baik, maka langkah-langkahnya harus diperhatikan. Langkah-langkah tersebut bertujuan supaya penerima pesan memberikan respon yang baik dan memuaskan.
Berikut 4 langkah dalam menyusun pesan bisnis yang baik sebagai berikut :
1.Penulis pesan bisnis memiliki maksud dan tujuan
Penulis pesan harus mempunyai tujuan sebelum menulis pesan dan yang paling penting adalah penulis berorientasi pada audiens atau penerima pesan bisnis tersebut.
2. Fase prewriting
Penulis pesan harus menganalisis pesan terlebih dahulu sebelum pesan tersebut dikirim, dan mempertimbangkan bagaimana menyesuaikan pesan bisnis yang dibuat agar sesuai dengan penerima pesan.
3. Fase drafting
Penulis pesan harus meneliti topik dalam pesan bisnis, mengatur setiap pembahasan materi yang dibawa dan menyusun pesan tersebut dengan baik dan benar.
4. Fase merevisi
Penulis pesan memeriksa pesan tersebut dari awal sampai akhir dengan tujuan menghindari adanya kesalahan dalam menulis pesan bisnis tersebut sebelum pesan dikiim kepada pembaca. Apabila pesan tersebut sudah benar maka pesan bisnis siap untuk dikirim kepada pembaca.
Dari penjelasan diatas mengenai 4 langkah penting dalam menulis pesan bisnis dapat kita simpulkan bahwa dalam menulis pesan bisnis harus dengan tata cara yang baik dan benar. Kita tidak bisa menulisnya dengan sembarangan atau tidak sesuai dengan aturan yang ada. Karena akan menimbulkan dampak yang buruk, baik terhadap penerima maupun pengirim.
Ditulis oleh Aulia Rahmah
Mahasiswi STEI SEBI Depok
Referensi :
https://text-id.123dok.com/document/nzw1609lq-tahapan-dalam-membuat-pesan-bisnis-mengorganisasikan-pesan-bisnis.html
https://www.studocu.com/id/document/universitas-sanata-dharma/accounting/paper-proses-penulisan-pesan-pesan-bisnis-3/17367041