5 Keutamaan Memperbanyak Amalan di bulan Rajab

[wartanusantara.id] Pada tanggal 13 Februari 2021 merupakan 1 Rajab 1442 H. Hal itu mengingatkan umat Islam kembali untuk memperbanyak ibadah, zikir, dan doa menjelang serta selama bulan Rajab. Termasuk menjalankan puasa Sunnah Rajab pada tanggal 13 Februari 2021. Puasa Sunnah Rajab adalah puasa yang dilakukan 10 hari pertama dibulan Rajab. Jadi, masih banyak kesempatan untuk meraih pahala yang luar biasa di bulan Rajab ini.


Adapun niat puasa Sunnah Rajab sebagai berikut: 

"Nawaitu shouma syahri Rajaba sunnatan lillahi ta'aala."
Artinya: "Saya berniat puasa Rajab sunah karena Allah ta'ala."

Jadi, mari bersama-sama memperbanyak amalan dibulan Rajab ini. Karena hanya dengan memperbanyak amalan Umat Islam bisa meraih banyak Keutamaan bulan Rajab. Berikut 5 keutamaan bulan Rajab dengan melakukan amalan baik.

Bulan Haram. Kenapa bulan Haram? Karena Bulan Rajab merupakan bulan yang mulia karena termasuk dalam bulan haram bersama tiga bulan lainnya yakni Dzulqa'adah, Dzulhijjah, dan Muharram. Merujuk Alquran surat At-Taubah ayat 36, pada bulan haram, umat Islam dilarang menganiaya diri sendiri. Di bulan ini juga tidak boleh melakukan perang. Setiap perbuatan dosa diberi ganjaran yang lebih besar. Sebaliknya, setiap amalan juga dibalas dengan ganjaran yang lebih besar.

Bulan Allah. Dikutip dalam www.cnnindonesia.com, Sabtu (13/2), “Rasulullah SAW   mengatakan Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulannya umat.” (KH. Wahyul Afif Al-Ghafiqi)

Isra’ Mi’raj. Dibulan ini adalah peristiwa penting bagi Nabi Muhammad SAW dan umat Islam. Pada malam ke-27 bulan Rajab, Rasulullah melakukan perjalanan Isra’ Mi’raj. Dalam perjalanan satu malam itu, Nabi Muhammad menuju langit ketujuh atau sidratul Muntaha. Disanalah, Nabi Muhammad menghadap Allah SWT dan mendapatkan perintah melaksanakkan shalat wajib 5 waktu. Tidak hanya itu, Isra’ Mi’raj dalam sejarah Islam juga terdapat banyak sekali hikmah yang masih relevan hingga saat ini.

Bulan Bertobat. Dalam penjelasan KH. Wahyul Afif Al-Ghafiqi dilaman Web www.cnnindonesia.com, bahwa bulan Rajab merupakan bulan yang dianjurkan untuk bertobat. “Ini bulan yang pas untuk bertobat, segeralah bertobat”. Allah membuka luas ampunannya bagi siapapun yang memohon ampun dengan tulus. Oleh karena itu, perbanyaklah bertobat dengan beristigfar.

Semakin Dekat dengan Bulan Ramadhan. Memasuki bulan Rajab berarti semakin dekat dengan bulan Ramadhan. Karena setelah bulan Rajab akan ada bulan Sya’ban, lalu bulan Ramadhan. Pada bulan Rajab, Rasulullah juga menganjurkan umat Islam untuk memperbanyak berdoa agar dipertemukan dengan bulan penuh rahmat, bulan Ramadhan.


Berikut doa yang dianjurkan dibaca oleh Nabi Muhammad SAW. saat memasuki bulan Rajab:

“Allahumma baarik lanaa fii rajaba wa sya’baana wa ballignaa ramadhona”
Artinya:“Ya Allah berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadan”

Jadi, perbanyaklah melakukan amal saleh untuk mendapatkan keutamaan bulan Rajab ini. Dengan menjadi pribadi yang bertakwa seperti Rasulullah, terutama pada bulan Ramadhan, dan ke-4 bulan mulia yakni, bulan Muharram, bulan Rajab, Dzulqaidah, Zulhijjah. Jika umat Muslim memperbanyak amalan dibulan-bulan tersebut, berarti ia tengah mendekatkan diri kepada Allah, kepada sesama manusia, dan ujungnya adalah mendapatkan surga.



Nama Penulis: Lisa 
Instansi: STEI SEBI

0/Post a Comment/Comments