Cara Membangun Sebuah Tim Yang Solid

Cara Membangun Sebuah Tim yang Solid
Oleh Akbar Fitra Bagaskara


Secara teori, kerja tim yang solid alias teamwork merupakan kemampuan menjalin kerjasama menuju visi dan misi yang sama. Oleh karena itu, agar tidak keluar dari arti penting dari kerjasama, maka diharapkan setiap anggota mempunyai kesadaran dan komitmen yang tinggi dalam mewujudkan visi dan misi tersebut.


Secara lebih rinci manfaat bekerja dalam tim adalah sebagai berikut;


Manfaat bagi organisasi.

• Meningkatkan produktivitas kerja

• Meningkatkan kualitas kerja

• Meningkatkan mentalitas kerja

• Meningkatkan kemajuan organisasi


Manfaat bagi anggota

• Stress atau beban akibat pekerjaan akan berkurang

• Tanggung jawab atas pekerjaan dipikul bersama

• Memperoleh balas jasa dan penghargaan

• Sebagai media aktualisasi diri

• Dapat menyalurkan bakat dan kemampuannya


Pada suatu organisasi atau perusahaan tentunya mengharapkan kerja tim yang solid. Dengan terciptanya kerja tim yang solid tentunya akan membuat pekerjaan pada sebuah organisasi atau perusahaan akan menjadi efektif.


Namun tentunya kerjasama tim yang solid dan efektif dapat terwujud jika memiliki cara yang benar. Untuk itu berikut ini cara tepat membangun kerja tim yang solid :


    1.      Membangun komunikasi yang baik pada karyawan dan berusaha membangun komunikasi juga karyawan antar karyawan, jika komunikasi sudah baik maka bisa menyamakan visi dan misi agar bisa mencapai tujuan perusahaan bersama agar kerja sama antar team bisa terjalin.

    2.      Mengadakan atau melakukan pelatihan khusus yang dimana dipelatihan tersebut antar karyawan dapat membangun komunikasi yang baik dan disini juga bisa bertukar ide dan pendapat agar bisa menjalin solidaritas antar sesama karyawan.

    3.      Mengadakan gathering atau pertemuan agar semakin mempererat ukhuwah satu sama lainnya dan juga menjalin sulaturahmi yang kuat.

     4.      Bertanggung jawab dalam pekerjaan dan profesional dalam pekerjaannya masing-masing dan saling memahami juga saling menghormati agar bisa saling menghargai antar sesama karyawan.

   5.      Mengadakan evaluasi, yang bertujuan untuk penilaian akhir agar pekerjaan selanjutnya dapat diperbaiki. Evaluasi ini dilihat bagaimana pekerjaan yang telah dilakukan, mana yang harus ditingkatkan dan mana yang harus diperbaiki.


Referensi

https://jadikaryawan.com/cara-membangun-kerja-tim-yang-kompak

http://www.problembau.com/news/3/Manfaat-dan-Tujuan-Bekerja-dalam-Tim

 

 

0/Post a Comment/Comments