NOVEMBER 1945 TAN MALAKA dgn BARISAN BANTENG melancarkan serangan ke KRATON SURAKARTA. PATIH KRMT SOSRODININGRAT dibunuh.


Saat itu 10 November 1945 para ULAMA dan Santri melancarkan Perlawanan thd Tentara Sekutu dan Nica. Mengapa TAN MALAKA tidak ikut melawan Tentara Sekutu di Surabaya ?
Bahkan TAN MALAKA PKI melancarkan KUDETA 3 Juli 1946 thd Pem. RI yang dipimpin Perdana Menteri SUTAN SYAHRIR (Patai Sosialis ).

Kudeta PKI di ibu kota RI, Jogya ini sbg kelanjutan Kudeta di Cirebon 12 Feb 1946 dipimpin oleh M. YUSUF yang gagal. Sebenarnya Kudeta PKI di Cirebon ini kerjasama dgn VAN MOOK yang datang dari Australia, tepat 5 Oktober 1945.
TAN MALAKA menculik PM SUTAN SYAHRIR di Jogya. Tapi usahanya menculik PRESIDEN SOEKARNO dan Wkl PRESIDEN M. HATTA gagal.
Di Surakarta diulang lagi usaha PKI TAN MALAKA meniadakan KASUNANAN SURAKARTA dgn SUSUHUNAN PAKU BUANA XII. Tetapi hanya berhasil membunuh PATIH YUDANEGARA, bersama dgn BUPATI Klaten, Sragen, Sukoharjo dan Boyolali.
Serangan TAN MALAKA Pendiri dan Ketua PKI 1921, mencoba membangkitkan "revolusi anti kerajaan ". Di Sumatra Timur, Amir Hamzah jadi korbannya.
Setelah Proklanasi 17 Agustus 1945 di Jabar, menculik dan membunuh OTO ISKANDAR DINATA sbg Aktor Sejarah karena usulnya dalam Sidang PPKI 18 Agustus 1945, mengusulkan agar secara aklamasi mengangkat IR SOEKARNO dan DRS M. HATTA sbg Presiden dan Wkl Presiden. Usul ini berhasil benar disetujui oleh PPKI. Tetapi hal ini menggagalkan rencana TAN MALAKA. Maka OTTO ISKANDAR DI NATA diculik dan dibunuh di Mauk Banten.
Pada 10 Nov 1945 TAN MALAKA mengadakan Kongres Pemuda di Jogya. Sekali lagi saat itu para ULAMA dan Santri sedang JIHAD dlm PALAGAN SURABAYA melawan imperialis Kerajaan Protestan Belanda yang dibantu oleh Kerajaan Protestan Anglikan Inggris, mau menegakkan kembali penjajahan berdasar Perjanjian Posdam. Kelompok TAN MAKAKA tidak mau terjun dlm PALAGA SURABAYA.
Perjanjian Posdam ini disetujui bersama oleh negara SEKUTU antara lain AS, iNGGRIS, RUSIA, PERANCIS (1944).
PKI saat itu menginduk ke RUSIA. Dan BELANDA dan RUSIA sbg SEKUTU. Maka PKI kerjasama dgn RUSIA dan imperialis Kerajaan Protestan Belanda.
Inilah POLITIK. Sukar dipahami oleh orang awam. Komunis kerjasama dgn Kapitalis.
Rusia Komunis sebenarnya Anti Imperialis Kapitalis Barat. Tetapi Perang Dunia II, RUSIA ngeblok ke SEKUTU. Pengaruhnya PKI kerjasama dgn imperialis Kerajaan Protestan Belanda mau menggagalkan PROKLAMASI 17 Agustus 1945.
TAN MALAKA melancarkan demo ke KRATON SURAKARTA. Berusaha menghilangkan kehidupan ningat, feodalisme, swapraja dan menggagalkan KERATON SURAKARTA menjadi DAERAH ISTIMEWA bersama dgn MANGKUNEGARAN.
Caranya antara lain mengaktifkan BEGAL, PENCURIAN, NARKOBA dan pelanggaran hukum lainnya.
Apakah situasi ini merupakan Kredit Aksi mereka di tengah massa di landa rasa ketakutan berbagai model ketakutan ???

Sumber : FB

0/Post a Comment/Comments