Oleh Thalia Juni Yanti
Jangan berpikir dan mengatakan bahwa Anda
tidak memiliki waktu. Sebab sama dengan orang lain, Anda juga diberikan waktu
yang jumlahnya sama persis dengan yang dimiliki orang-orang sukses dan sibuk di
sekitar Anda. Hal ini tentu menjadi perenung tersendiri.
Menurut Atkinson (1994), manajemen waktu
adalah suatu jenis keterampilan yang berkaitan dengan segala bentuk upaya dan
tindakan seseorang yang dilakukan secara terencana agar individu dapat
memanfaatkan waktunya dengan sebaik-baiknya.
Bisa jadi ada beberapa banyak waktu yang
kemungkinan selama ini terbuang dengan percuma alias sia-sia. Membuang-buang
waktu sama saja dengan membuang banyak kesempatan dan juga peluang meraih
kesuksesan di dalam hidup. Anda akan kehilangan banyak sekali hal berharga yang
seharusnya bisa dimiliki saat ini.
Berikut adalah beberapa tips untuk
memanajemen waktu dengan baik;
Tulis
semua yang menjadi list target impian mu
Kenapa penting ?
Karena kalau kaliantau arah yang mau
dituju, kalian juga akan tau jalan mana yang harus dilalui, seberapa sulit dan
apa saja yang harus dilakukan.
Buat
Skala Prioritas dari semua target yang kalian tulis
Bedakan mana target atau kegiatan yang
mendesak sekali untuk segera dilakukan, mana yang bisa dilakukan belakangan.
kalau kita ga bisa buat skala prioritas itu sama artinya dengan sibuk sana sini
tapi belum tentu sampai pada tujuan yang diinginkan
4 SKALA PRIORITAS YANG WAJIB ANDATULIS
1. Penting Mendesak ; Lakukan sekarang
2. Tidak Penting Mendesak ; Rencanakan
3. Penting Tak mendesak ; Minta bantuan
orang lain/delegasikan
4. Tidak penting tak mendesak ; Tunda atau
Tinggalkan
Buatkan Timeline/Jangka Waktu dalam
merealisasikan target nya
ketika kalian sudah tau mana prioritas yang
lebih dulu, maka kalian akan mudah menentukan kapan waktu agar target tersebut
terrealisasi.
contohnya :
-Saya ingin jadi mahasiswa berprestasi di
tahun 2020
-Memulai bisnis Bulan januari 2020
-Sidang
skripsi bulan Maret 2020, dan lain-lain
Kenapa perlu diperjelas waktu nya ?
kalau ga dikasih batasan waktu bisa bisa
semua impian tadi hanya tertulis aja tanpa dikejar
Miliki buku khusus agenda harian (to do list harian)
Kalo jaman dulu ada yang suka nya nulis
buku diary, nah kurang lebih sama. tapi ini khusus to do list apa saja kegiatan
yang akan dilakukan esok hari dan di evaluasi malam hari nya.
Fokus dan atur mood kita agar terjaga
selalu produktif
Dalam beraktivitas sehari-hari, kita
didorong oleh berbagai hal. Bisa jadi oleh motivasi, energy, stress dan lain
sebagainnya. Salah satunya yang sangat bisa mempengaruhi kita adalah mood atau
suasana hati. Sederhananya, bila mood kita sedang baik, segala hal yang kita
lakukan pun akan jadi lebih bersemangat dan bersenang hati melakukannya, begitupun
kebalikannya.
Setiap waktu adalah belajar
Setiap orang adalah guru
Setiap tempat adalah sekolah
Kamu bisa membuktikan secara langsung
tips-tips tersebut dengan langsung mempraktekannya. Bermimpi Besar lalu diikuti
berusaha, dan berdoa adalah bentuk mewujudkan impian. Karena hasil karya
manusia semua berawal dari sebuah MIMPI. Tidak masalah gagal dalam mewujudkan
rencana daripada gagal membuat rencana. Karena tanpa memiliki rencana sama saja
kita merencanakan untuk gagal.
Referensi :