Viral Pembakaran Bendera Tauhid, Begini Cara Arab Saudi Memperlakukan Benderanya

Sampai saat ini masih menjadi ketegangan soal pembakaran bendera Tauhid oleh beberap oknum Banser di Garut kemarin. Pembakaran bendera tersebut, meski dengan dalih itu bendera HTI menuai protes keras oleh umat Islam dari berbagai kalangan.

Tahukah anda bendera kerajaan Arab Saudi?


Bendera Arab Saudi adalah  berwarna hijau yang menampilkan sebuah kalimat syahadat dan sebuah pedang yang berwarna putih. Bendera ini mulai digunakan sejak 15 Maret 1976.

Ternyata dalam penggunaannya, Kerajaan Arab Saudi memiliki undang-undang soal pengaturan bendera tersebut. Jadi tidak boleh sembarangan dalam penggunaan bendera kerajaan Arab Saudi ini. Begini kutipan dari wikipedia;

"Dikarenakan kalimat syahadat yang dianggap suci, bendera ini tidak boleh digunakan pada T-shirt atau barang-barang lainnya. Arab Saudi pernah memprotes atas dimasukkannya bendera ini pada bola sepak yang akan dirilis oleh FIFA, termasuk juga semua bendera peserta Piala Dunia 2002. Para pejabat Saudi mengatakan bahwa menendang kalimat syahadat dengan kaki benar-benar tidak dapat diterima. Demikian pula, upaya militer AS untuk memenangi hati anak-anak dari provinsi Khost, Afghanistan, dengan membagikan bola yang dihiasi dengan bendera, termasuk bendera Arab Saudi, berakhir dengan demonstrasi.

Bendera ini tidak pernah diturunkan setengah tiang sebagai tanda berkabung, karena menurunkannya dianggap menista. Demikian pula, bendera Afganistan, Somaliland, dan Irak, juga tidak pernah diturunkan setengah tiang.

Bendera ini tidak dapat diangkat secara vertikal sesuai dengan undang-undang Saudi. Bendera vertikal khusus dibuat di mana tulisan dan pedang pada bendera tersebut diputar, meskipun hal ini jarang terjadi, karena sebagian besar negara-negara Arab secara tradisional tidak mengibarkan bendera secara vertikal
."

Selesai, IM.

0/Post a Comment/Comments