Oleh Abdussalam
Pada zaman yang serba digital ini, kegiatan belajar dan mengajar di dalam kelas sangat dituntut
untuk lebih memanfaatkan media sebagai
alat bantu pembelajaran. Salah satu dari jenis media adalah media grafis.
(Source : visiuniversal.blogspot.com)
Selain
fungsi umum tersebut, media grafis juga memiliki 4 fungsi lain, diantaranya
adalah:
1. Menarik perhatian penglihat. Karena pada dasarnya orang-orang lebih
tertarik terhadap suatu hal yang berbentuk atau bergambar dibandingkan hanya
suatu tulisan saja. Sehingga membuat penglihat terdorong untuk memperhatikan
maupun mempelajarinya lebih lanjut.
2. Meringkas dan memperjelas ide atau pemikiran yang sifatnya abstrak.
Dengan disajikan dalam bentuk media grafis, ide tersebut akan tersajikan dengan
jelas.
3. Mempermudah dalam penangkapan isi yang disampaikan. Karena isi yang
disampaikan sudah teringkas dalam media grafis tersebut, sehingga mudah
ditangkap.
4. Memperkuat daya ingat terhadap sesuatu. Dengan disajikan dalam
media grafis, daya ingat kita akan lebih lama dibandingkan disajikan dalam
bentuk tulisan.
Penggunaan media grafis dalam
pembelajaran, tentu mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan.
Diantara
kelebihannya menurut Sadiman, dkk. (2005, hlm. 29-30) adalah:
1. Sifatnya konkret. Media
grafis lebih realistis menunjukan pokok masalah dibandingkan dengan media
verbal semata.
2. Dapat mengatasi batasan
ruang dan waktu. Tidak semua benda, obyek atau peristiwa dapat dibawa ke kelas,
dan tidak selalu bisa anak-anak dibawa ke obyek atau peristiwa tersebut.
3. Media grafis dapat
mengatasi keterbatasan pengamatan kita.
4. Media grafis dapat
memperjelas suatu masalah, dalam bidang apapun, dan untuk tingkat usia berapa
saja, sehingga dapat mencegah atau membetulkan kesalahpahaman.
5. Media grafis murah dan
gampang didapat serta digunakan, tanpa memerlukan peralatan khusus.
Sedangkan kekurangannya, di antaranya:
a.
Media grafis hanya menekankan persepsi indera
penglihatan.
b.
Media grafis yang terlalu kompleks kurang efektif untuk
kegiatan pembelajaran.
c.
Ukuran media grafis sangat terbatas untuk kelompok
besar.
Dari uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa peran dan penggunaan
media grafis dalam pembelajaran dapat dikatakan lebih efektif daripada dalam
bentuk tulisan, walaupun terkadang media grafis memiliki beberapa kekurangan.
Selamat Berproses dan Berprogres 😊
Reference:
*penulis adalah Mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI